Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) melatih puluhan pemuda di Kabupaten Aceh Utara untuk meningkatkan kompetensi agar mampu bersaing di dunia kerja 

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf  di Aceh Utara, Jumat, mengatakan pelatihan tersebut merupakan upaya pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Pelatihan itu merupakan program Kemnaker RI di Kabupaten Aceh Utara dalam upaya melahirkan insan kreatif, yang mampu bersaing di dunia kerja maupun membuka lapangan pekerjaan," kata Fauzi Yusuf. 

Fauzi Yusuf mengatakan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara akan memantau peserta yang lulus setelah mendapatkan pelatihan dari tersebut, sehingga hasil program tersebut sesuai diharapkan.

Wakil Bupati Aceh Utara itu mengatakan persaingan dan tuntutan kualitas tenaga kerja meningkat pesat. Tentunya, tuntutan mutu sumber daya tenaga kerja kian menjadi sorotan dalam dunia usaha. 

Dunia kerja saat ini membutuhkan tenaga kerja siap pakai. Dengan pelatihan diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut, meskipun banyak hal yang masih perlu pembenahan lebih lanjut," kata Fauzi Yusuf.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja dan Industri Kabupaten Aceh Utara Nur Akmal mengatakan pelatihan diikuti 96 peserta. Pelatihan berbasis kompetensi dengan enam kejuruan. 

"Enam kejuruan dalam pelatihan tersebut meliputi keahlian pemasaran digital, menjahit pakaian dengan mesin, pembuatan komponen furniture, pembuatan roti dan kue, perawatan AC, dan pemasangan listrik bangunan sederhana," kata Nur Akmal

Kepala Dinas Penanaman Modal, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja Kabupaten  Aceh Utara Nyak Tiari mengapresiasi Kementerian Ketenagakerjaan RI atas terselenggaranya pelatihan berbasis kompetensi tersebut.

"Pelatihan tersebut merupakan upaya menyiapkan tenaga kerja yang siap pakai, terampil, memiliki keahlian mumpuni di bidangnya, sehingga mampu bersaing di dunia kerja," kata Nyak Tiari.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022