Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan Aceh Tengah sebagai daerah subur dan potensial untuk dikembangkan berbagai tanaman buah tropis.

"Saya sudah ngobrol betul dengan para pelaku bisnis buah tropis, Aceh Tengah ini subur, dan potensial dikembangkan bukan hanya kopi, tapi bisa pisang, alpukat,” kata Teten Masduki di sela-sela kunjungan kerjanya di Aceh Tengah, Jumat.

Ia menjelaskan jika pemerintah daerah serius, tanaman buah seperti pisang dan alpukat sangat cocok dikembangkan di daerah berhawa sejuk itu.

 “Kami ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk memperkuat koperasinya," katanya.

Menurutnya dengan memperkuat koperasi di bisnis tanaman buah tropis ini, petani tidak lagi bekerja sendiri dalam pengembangan atau pun pemasaran hasil panen.

Ia mengatakan dengan membentuk koperasi skala besar maka kerja petani juga akan lebih efisien hingga mampu menghasilkan produk yang berkualitas.

"Jadi nanti bukan lagi petani-petani perorangan, dalam skala kecil, tapi kita harus membangun korporat, supaya lebih efisien, produknya lebih berkualitas dan ada skala ekonominya. Jadi kira-kira begitu rencana kami di Aceh Tengah ini," demikian Teten.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022