Sebanyak 120 peserta dari 20 kabupaten/kota di Aceh andil bagian dalam kejuaraan catur Aceh open tahun 2022 di Pidie yang berlangsung sejak 28 Februari sampai 6 Maret.

"Catur merupakan salah satu olahraga dengan bermain strategi yang melibatkan tantangan intelektual," kata Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah T.M Daud di Pidie, Selasa.

Ia menjelaskan selain dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kreatifitas, bermain catur juga mampu mempertahankan kemampuan mengingat, serta dapat melatih kemampuan perencanaan yang mendorong perkembangan struktur otak.

Ia mengatakan bermain catur juga mampu meningkatkan kecerdasan otak sehingga para pemain terbiasa berpikir dan bernalar baik sehingga lebih mudah dalam menyelesaikan suatu masalah.

Fadhlullah juga mengajak seluruh peserta agar memanfaatkan event tersebut sebagai ajang silaturrahmi yang baik untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta sebagai ajang uji coba dalam menghadapi PORA 2022.

Ketua Umum Pengprov Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Aceh, Ihsanuddin menyampaikan terima kasih kepada DPRA Aceh atas kerjasamanya menyelanggarakan event ini. 

Ihsanuddin mengatakan selain sebagai agenda tahunan PERCASI, event ini menjadi hal terpenting sebagai penunjang pelaksanaan PORA dan sebagai ajang seleksi untuk pelaksanaan PON 2024.

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022