Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh menerima bantuan 3.000 liter disinfektan alami yang akan disemprotkan untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19.

Kapolda Aceh Irjen Pol Ahmad Haydar di Banda Aceh, Senin, mengatakan disinfektan alami tersebut diserahkan Komunitas Enzyme Sumatra Aceh dan selanjutnya disalurkan ke jajaran kepolisian di Aceh.

"Ada 3.000 liter atau 120 jerigen disinfektan yang kami terima dari Komunitas Eco Enzyme. Nanti, disinfektan tersebut akan disemprotkan ke fasilitas publik untuk mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 di Aceh," kata Irjen Pol Ahmad Haydar.

Kendati pencegahan COVID-19 dengan disinfektan, kata Kapolda, namun cara efektif mencegah penularan virus demam corona itu paling efektif dengan disiplin terhadap protokol kesehatan.

"Kami mengingatkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumunan," kata Irjen Pol Ahmad Haydar.

Selain protokol kesehatan, Kapolda Aceh juga mengajak masyarakat Aceh mengikuti vaksinasi dosis lengkap, satu, dua, tiga atau dosis penguat dengan mendatangi gerai-gerai presisi di seluruh Aceh.

Menurut mantan Kepala Pusat Laboratorium Forensik Polri itu, vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan COVID-19, sehingga tidak menimbulkan dampak parah jika terpapar demam virus corona.

"Patuhi selalu protokol kesehatan dan ikuti vaksinasi dosis lengkap. Pandemi COVID-19 belum berakhir. Apalagi sekarang ini ada varian Omicron yang penularannya lebih cepat," kata Irjen Pol Ahmad Haydar.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022