Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi tersebut pada Oktober 2015 turun sebesar 21 persen dibanding bulan September 2015.

"Penurunan jumlah tamu asing yang melancong ke Aceh salah satunya juga dipengaruhi oleh kabut asap akibat kebaran hutan yang terjadi di sejumlah provinsi di Tanah Air," kata Kepala BPS Aceh Hermanto di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan penurunan jumlah tamu asing yang melancong bukan hanya dialami oleh Aceh, tetapi juga terjadi secara nasional pada bulan tersebut.

Hermanto menyebutkan jumlah kunjungan tamu asing pada Oktober 2015 sebanyak 1.872 orang atau turun 21,71 persen dibanding bulan sebelumnya sebanyak 2.391 orang.

"Jumlah tamu asing asal Malaysia masih mendominasi kunjungan ke Aceh dan jumlah tamu asal negeri jiran itu yang berkunjung ke Aceh turun drastis pada Oktober dibanding bulan sebelumnya yakni dari 1.882 orang menjadi 1.402 orang," katanya.

Ia menyebutkan secara kumulatif tingkat kunjungan wisman dari Januari sampai Oktober 2015 meningkat sebesar 5,03 persen yakni dari 20.514 pada periode Januari-Oktober 2014 menjadi 21.546 orang pada periode tersebut.

Selain warga Malaysia yang banyak berkunjung ke Aceh, ada lima negara lainnya yang banyak berkunjung ke Aceh yakni Tiongkok, Amerika Serikat, Filipina, dan Jerman.

Pihaknya memprediksikan jumlah tamu asing yang datang pada bulan November dan Desember akan terus meningkat seiring akan adanya beragam kegiatan yang akan diselenggarakan di provinsi tersebut.

Pewarta: Pewarta : Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015