Ratusan warga dari berbagai desa di Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menikmati "kuah beulangsong" sebagai menu berbuka puasa yang disiapkan oleh Badan Kemakmuran Masjid Agung Baitul Ghafur kabupaten itu.

Panitia juga menyiapkan ratusan  porsi makanan dan minuman  kepada masyarakat dan musafir yang berbuka puasa di masjid tersebut, seperti pada Senin (11/4).

Ketua Badan Kemakmuran Mesjid Baitul Ghafur Abdya, Salman Al-farisi di Blangpidie, Selasa, mengatakan, setiap hari pihaknya menyediakan lebih 600 porsi makanan dan minuman untuk masyarakat dan musafir berbuka puasa.

“Itu belum lagi ditambah dengan takjil (sedekah)dari masyarakat. Kami perkirakan  setiap harinya jumlah musafir dan warga Abdya yang berbuka puasa di Mesjid Agung ada seribuan orang,” ujarnya

.Meskipun demikian, lanjut dia, proses buka puasa yang sudah berjalan sejak hari pertama ramadhan sampai hari ini berjalan dengan aman dan lancar.

 "Khusus dari Badan Kemakmuran Masjid setiap hari 600 porsi takjil dan minuman segar yang disediakan. Selebihnya dari masyarakat. Banyak warga mengantarkan takjil untuk umat muslim berbuka puasa di masjid ini,”ujarnya
 
Disamping takjil dan minuman segar, ribuan masyarakat dan musafir yang setiap hari berbuka puasa di  masjid  kebanggaan masyarakat Abdya itu juga disediakan nasi kuah beulagong plus lauk pauk.

 “Iya benar, ada tiga macam kuah beulagong yang disediakan tiap hari. Ada daging kerbau, daging kambing, dan juga daging Sapi. Jadi, semua jenis kuah beulangong ini disedekahkan oleh para dermawan dan bupati,”ujarnya

 Ia menjelaskan, bupati Abdya, Akmal Ibrahim secara pribadi tiap hari menyediakan (menanggung) satu kuali kuah beulangong sebagai bentuk sedekah   kepada masyarakat dan musafir yang berbuka puasa di masjid yang bergaya arsitektur timur tengah itu.

 “Dari Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) ada juga kuah beulangong ini, termasuk dari Bank Aceh Syariah dan para dermawan lainnya. Kita doakan sedekah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT," pungkas Salman.

Pewarta: Suprian

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022