Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Simeulue, Aceh, mengembangkan kampung perikanan khusus lobster di wilayah laut kabupaten kepulauan tersebut.

Sekretaris DKP Kabupaten Simeulue Carles di Simeulue, Selasa, mengatakan kampung perikanan lobster tersebut berada di Teluk Sinabang, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue.

"Masyarakat di Teluk Sinabang membudidayakan lobster dalam bentuk keramba. Saat ini, sebanyak 13 keramba terlibat dalam pengembangan kampung perikanan khusus lobster," kata Carles.

Ke depan, kata Carles, kampung perikanan khusus lobster akan dikembangkan dengan berdaya saing berkelanjutan ke beberapa wilayah di Pulau Simeulue. 

Tujuan pengembangan perikanan khusus lobster untuk menjaga kelestarian sumber daya ikan, lobster, serta digerakkan oleh masyarakat, sehingga mampu meningkatkan ekonomi.

"Nantinya, masyarakat yang terlibat dalam program pengembangan perikanan dibantu berupa jaring keramba dan juga bibit lobster. Kami akan memantau semua prosesnya nanti," kata Carles.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022