Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan akan mengunjungi Kota Langsa, Aceh, dalam rangka meninjau desa wisata dan meresmikan Tower Mangrove Forest Park di Kuala Langsa, Jumat (15/4).

Berdasarkan informasi dari tim Biro Komunikasi (Birkom) Kemenparekraf Jatnika di Langsa, Kamis menyebutkan, Menparekraf Sandiaga Uno akan melaksanakan sahur dan Shalat Subuh di Kota Langsa. Setelah itu pada pukul 07.00 WIB - 07.15 WIB menuju kawasan wisata Mangrove Forest Park untuk melakukan peresmian diperkirakan pukul 08.15 WIB. 

"Selanjutnya Bapak Menteri melakukan peninjauan ke Desa Wisata Cinta Raja, Kota Langsa selama satu jam dari pukul 08.30 WIB- 09.30 WIB," kata Jatnika.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata (Porapar) Kota Langsa Iqbal Ibrahim mengatakan acara penyambutan kedatangan Menparekraf sudah dipersiapkan baik di pemerintahan maupun di lapangan. Kemungkinan hari ini pejabat Pemko Langsa akan menjemput Menparekraf Sandiaga Uno ke Medan, Sumatera Utara.

"Namun jadwalnya masih di protokoler Kementerian karena ada penyesuaian dengan Pak Walikota nanti," ujarnya.

Lebih lanjut Iqbal Ibrahim memastikan nanti malam Menparekraf dan rombongan sudah tiba di Kota Langsa. Pihaknya juga membenarkan ada dua lokasi yang akan dikunjungi Menparekraf Sandiaga Uno saat kunker di Langsa nanti.

"Nanti malam Insya Allah Pak Menteri sudah sampai Langsa. Besok paginya ada dua objek yang akan dikunjungi yaitu, Tower Hutan Mangrove Kecamatan Langsa Barat dengan Gampong (Desa) Wisata Cinta Raja, Kecamatan Langsa Timur," sebut Iqbal Ibrahim.

"Karena Pak Menteri jadwalnya di Kota Langsa hanya setengah hari pagi Jumat. Jadi jadwalnya disesuaikan dengan itu nanti. Acara intinya peresmian Tower Mangrove Forest Park," sambungnya.

Menurut Kadis Porapar Kota Langsa ini luas wisata hutan mangrove Kota Langsa mencapai 6000 hektare. Jarak wisata hutan mangrove Kuala Langsa dengan pusat pemerintahan sekitar 19 kilometer. Sementara proses pembangunan Tower Mangrove Forest Park hingga rampung memakan waktu hampir lima tahun.

"Tower Hutan Mangrove dibangun oleh Pemko Langsa sejak 2018. Agendanya Pak Menteri untuk peresmian Tower Taman Hutan Mangrove itu," tukasnya.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022