Arus penumpang dari Medan, Sumatera Utara yang tiba di terminal bus Tipe A  Batoh Kota Banda Aceg  mencapai 1.162 orang per hari, seiring pemerintah memperpanjang libur Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah, kata pejabat otoritas terminal setempat   Heriyanto .

Kepala UPTD Terminal Batoh itu di Banda Aceh, Senin, menjelaskan  pada Ahad (8/5)  memang kedatangan lebih ramai, kemungkinan ini wisatawan ke Sabang. Sebelumnya tidak pernah kedatangan ada peningkatan sampai 1.000 orang seperti ini.

Dijelaskan dalam beberapa hari ini, pihaknya memprediksikan penumpang kedatangan dari Medan ke Banda Aceh bisa mencapai rata-rata 1.000 orang per hari.

Hal tersebut seiring dengan kebijakan pemerintah memperpanjang libur lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah guna mengurangi kemacetan.

Memang, kata dia, banyak bus dari Banda Aceh menerima perintah dari perusahaan masing-masing untuk kembali ke Medan, karena penumpang dari Medan menuju Aceh lebih banyak, meskipun tidak semuanya turun di Terminal Batoh Banda Aceh.

“Waktu bus balik ke Medan rata-rata kosong karena perusahaan memerintahkan ada atau tidak ada penumpang bus harus balik ke Medan. Jadi dalam beberapa hari ini terus ada kedatangan, kita prediksikan sekitar 1.000 orang per hari,” katanya.

Tercatat, pada (8/5) kemarin, jumlah penumpang yang berangkat dari Teriminal Batoh sebanyak 810 orang dengan jumlah armada Angkutan Antarkota Antarprovinsi (AKAP) dan Angkutan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) sebanyak 61 unit.

Sementara penumpang yang tiba di Terminal Batoh mencapai 1.162 orang dengan jumlah armada 62 unit baik AKAP dan AKDP.

Sebelumnya pada (7/5) jumlah keberangkatan dari Teriminal Batoh mencapai 1.177 orang dengan jumlah armada 66 unit, dan kedatangan penumpang sebanyak 832 orang dengan jumlah armada 64 unit.

Selain itu, Terminal Batoh Banda Aceh juga mencatat pada (6/5) lalu ada 658 orang yang berangkat dan 578 orang kedatangan, pada (5/5) sebanyak 647 orang keberangkatan dan 443 orang kedatangan, serta pada (4/5) tercatat 804 orang yang berangkat dan 358 orang kedatangan.
 

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022