Perlengkapan ibadah dan busana muslim menjadi incaran konsumen di toko daring, Tokopedia, pada Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah.

Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan secara virtual yang diikuti dari Banda Aceh, Jumat, mengatakan penjualan perlengkapan ibadah melonjak hampir empat kali lipat. 

"Produk fesyen dan perlengkapan ibadah menjadi incaran konsumen. Kerudung, gamis dan peci menjadi beberapa produk fesyen muslim paling banyak diburu masyarakat," kata Ekhel Chandra Wijaya.

Selama Ramadan dan lebaran, kata Ekhel Chandra Wijaya, masyarakat memenuhi berbagai kebutuhan melalui Tokopedia dalam program Ramadan Ekstra dan banyak kampanye lainnya

Selain perlengkapan ibadah dam busana muslim, lanjut Ekhel Chandra Wijaya, makanan dan minuman kebutuhan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri juga menjadi favorit masyarakat.

"Madu, kue kering, dan kopi adalah produk terlaris. Sedangkan mi instan jadi menu penyelamat sahur favorit di Tokopedia," kata Ekhel Chandra Wijaya menyebutkan

Begitu juga dengan donasi masyarakat berupa zakat, wakaf, fidyah selama Ramadhan di Tokopedia, kata Ekhel Chandra Wijaya, mengalami peningkatan dari hari biasa. Terkumpul zakat, wakaf, dan fidyah masyarakat mencapai Rp15 miliar.

Berkaitan pengirim parsel, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan jenis parsel yang sering dikirim masyarakat melalui Tokopedia Parsel Ramadan adalah kue kering, perlengkapan ibadah dan perawatan tubuh. 

"Jarak terjauh untuk pengiriman parsel adalah dari Pekanbaru di Provinsi Riau dan ke Jayapura, Papua. Ramadhan ini juga menjadi momentum bagi UMKM, di mana penjualan produknya terjadi peningkatan," kata Ekhel Chandra Wijaya.

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022