Berbagai upaya ditempuh Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat, dan salah satunya adalah  menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

"Ini merupakan salah satu terobosan kita guna meningkatkan minat baca dan gerakan literasi masyarakat Aceh Jaya dengan harapan ke depan minat belajar dan membaca masyarakat kita terus meningkat," kata Bupati Aceh Jaya  T Irfan TB  di Banda Aceh, Kamis.

Ia menambahkan  untuk saat ini di Aceh Jaya telah dibangun  perpustakaan daerah dan itu akan terus di benah sehingga ke depan anak-anak Aceh Jaya lebih cerdas dengan membudayakan membaca.

"Peningkatan kualitas SDM itu sangat penting dilakukan oleh sebuah daerah dengan adanya sumber daya manusia yang handal mampu membangun daerah lebih berkembang,"Katanya.

Ia menambahkan kalau bidang program kerjasama sendiri ada beberapa poin salah satunya adalah pengembangan sumber daya perpustakaan.

"Kami juga mengajak semua masyarakat Aceh Jaya mari sama-sama kita budayakan membaca dan menyambangi perpustakaan Aceh Jaya yang telah terbangun," Katanya.

Sementara itu Kepala Perpusnas RI yang diwakili Deputi Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Deni Kurniadi menyampaikan  kehadirannya di  Aceh untuk penandatanganan MoU bersama Pemerintah Kota Banda Aceh dan sejumlah kabupaten serta Perguruan tingg di daerah inii.

"Ini menunjukkan kalau pemerintahan pusat hadir dalam mengembangkan hobi baca masyarakat Aceh dan meningkatkan indeks literasi masyarakat," Katanya.

Rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan acara talkshow yang menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, praktisi hingga pegiat literasi. Diantaranya Komisi X DPR RI, Hj. Illiza Saaduddin Djamal, S.E, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU, Pegiat literasi, Yarmen Dinamika serta Kepala Perpusnas RI yang diwakili oleh Deputi Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum.

 

Pewarta: Azhari

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022