Bupati Aceh Tamiang Mursil meresmikan dua unit homestay dan pentas seni bantuan Kementerian Desa PDTT RI yang telah selesai dibangun di objek wisata pemandian sungai Gunung Pandan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun.

"Bantuan fasilitas berupa penginapan dan pentas seni ini sebagai pengembangan desa wisata di Aceh Tamiang dari Kemendes melalui program aspirasi Anggota DPR RI asal Aceh Ilham Pangestu," kata Mursil di Aceh Tamiang, Kamis.

Peresmian homestay dan panggung seni ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Mursil dihadiri Staf Ahli Komisi V DPR RI Amran Khalid, Kepala Disparpora Aceh Tamiang Muslizar, unsur Muspika dan perangkat kampung setempat.

Bupati Mursil berterimakasih kepada politikus Golkar Ilham Pangestu atas kepeduliannya terhadap sektor pariwisata Aceh Tamiang.

Bantuan sarana ini dinilai sangat berarti untuk menunjang kemajuan pariwisata andalan Aceh Tamiang saat ini. 

Kini wajah Gunung Pandan bertambah elok dilengkapi dengan homestay dan pentas pertunjukan karya seni untuk memikat pengunjung berwisata di sana. 

Adapun anggaran pembangunan dua proyek fisik program aspirasi dewan Senayan ini senilai Rp500 juta bersumber dari APBN.

"Saya minta kepada perangkat kampung dan masyarakat untuk menjaga fasilitas yang ada dan terus bekerja keras mengembangkan destinasi wisata kampungnya," pinta Mursil. 

Arman Khalid, staf ahli anggota DPR RI Ilham Pangestu mengatakan pihaknya ingin jadikan Gunung Pandan sebagai ikon pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 dalam rangka percepatan kemandirian desa.

Dengan adanya bantuan homestay perdana ini diharap dapat menarik wisatawan lokal maupun luar daerah datang sehingga  perekonomian masyarakat setempat terus tumbuh.

"Kemendes PDTT terus mendorong pengembangan desa wisata diseluruh pelosok nusantara, termasuk Gunung Pandan Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun ini menjadi perhatian kami," ujarnya.

Sementara sebuah pentas seni yang juga dibangun di lokasi wisata diharapkan pihak Ilham Pangestu mampu melahirkan karya-karya anak bangsa berfungsi sebagai destinasi wisata tambahan di hulunya Aceh Tamiang tersebut.

Perangkat Kampung Selamat berjanji akan semaksimal mungkin menjaga fasilitas yang telah diberikan dan terus mengembangkan potensi wisata yang dimiliki kampung itu.

"Ini adalah salah satu kemajuan dari objek wisata alam yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang," kata datok penghulu (Kades) Kampung Selamat Suherman Bejo.

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022