Mapala Jabal Everest Memperingati hari lingkungan hidup sedunia dengan membersihkan sampah di tempat wisata pantai pelangi di Kota Sigli Kabupaten Pidie.

Aksi ini bekerja sama dengan Kodim 0102 Pidie dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pidie yang diikuti 60 orang dari beberapa komunitas di Sigli seperti Kopala Pidie, Mapala Cempaga STikes MNI Sigli, GPS Pidie, Pramuka SMK 1 Sigli dan UKM sanggar seni leguna Unigha.

"Sampah mulai dikutip pukul 15:30 WIB hingga jelang Magrib dan mengumpulkan 47 kantong plastik," kata Koodinator lapangan, Muhammad Pria Al Ghazi di Pidie, Senin.

Muhammad Pria mengatakan sekarang pantai tersebut bersih dari sampah, setelah beragam jenis sampah dibersihkan yang diduga buangan pengunjung seperti botol minuman, sedotan, bungkusan makanan dan popok bayi.

"Dari banyaknya sampah yang kami kutip, lebih dominan sampah plastik yang terlalu banyak berserakan di bebatuan pinggir pantai," katanya.

Padahal, pamplet bertuliskan "nongkrong boleh, nyampah jangan" sebagai bukti teguran terhadap pengunjung.

Di seputaran pantai tersebut juga disediakan tempat sampah, tetapi masyarakat masih apatis terhadap kebersihan. 

"Harusnya masyarakat lebih punya rasa tanggung jawab dan memiliki rasa saling menjaga serta melestarikan lingkungan di sekitarannya," kata Muhammad Pria.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022