Sejumlah Desa di Kabupaten Aceh Jaya menggelar zikir dan doa bersama dalam rangka mengenang tragedi Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda Aceh umumnya dan Aceh Jaya khususnya tahun 2004 silam atau yang bertepatan pada tanggal 14 Zulqa'dah  1425 Hijriah.

Panitia Pelaksana Ustad Razali yang juga warga Masyarakat dusun Ie Itam, Desa Tuwi Kareung, Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya menjelaskan setiap bertepatan tanggal 14 Zulqa'dah warganya selalu mengadakan doa dan zikir bersama untuk mengenang kembali bencana Tsunami Aceh.

"Hari ini genap 18 tahun terhitung 14 Zulqa'dah 1425 H/2004 M - 14 Zulqa'dah 1443 H/2022. Kini, 18 tahun telah berlalu sejak kejadian yang memakan korban jiwa dalam jumlah besar tersebut," kata Ustad Razali di Calang, Selasa.

Warga yang hadir larut dalam zikir dan doa bersama yang dibacakan secara bersama-sama kepada para syuhada Tsunami Aceh pada 2004.

"Usai 18 tahun berlalu, bencana tsunami masih dalam ingatan sejumlah warga Aceh khususnya masyarakat Dusun Ie Itam Jaya yang sedang memperingati bencana tsunami di Halaman Meunasah Nurul Huda,"Katanya.

Ia menyampaikan kalau selain menggelar doa dan zikir bersama, pada acara tersebut juga dibarengi dengan beberapa rangkaian acara, seperti Haflah Al-Qur'an dan kegiatan keagamaan lainnya.

Kegiatan yang sama juga dilaksanakan  di sejumlah Desa lainnya dalam Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya yang ikut mengadakan zikir dan doa bersama di Gampong masing-masing, walaupun  tidak ada instruksi khusus dari Pemerintah namun hampir semua Desa ikut menggelar doa dan zikir bersama dalam rangka mengenang tragedi gempa bumi dan Tsunami di tahun Hijriah.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022