Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Aceh menyatakan terus memperkaya penyusunan Rencana Strategis Investasi Aceh Tahun 2023-2026 dalam upaya mendukung pengembangan kawasan investasi di provinsi setempat.

“Salah satu upaya yang kita lakukan adalah melaksanakan Fokus Group Discussion (FGD) bertajuk “Pengembangan Kawasan Peruntukan Investasi dengan Pembangunan Infrastruktur Konektivitas Pendukung Investasi,” kata Kepala DPMPTSP Aceh, Marthunis di Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan pihaknya juga melakukan berbagai langkah strategis guna menarik minat penanam modal, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), maupun Penanaman Modal Asing (PMA) ke Aceh melalui berbagai daya tarik investasi yang bersifat clean and clear and ready to offer termasuk juga kemudahan berusaha lainnya ease of doing business yang didukung dengan iklim investasi yang baik.

Ia mengatakan Penyusunan Rencana Strategis (RENSTRA) Investasi Aceh 2023-2026 akan menjadi dokumen perencanaan penanaman modal Aceh lainnya selain Renstra DPMPTSP Aceh 2023-2026.

Menurut dia untuk saling melengkapi dalam menarik investor untuk berinvestasi di Aceh turut didukung iklim berusaha yang sehat, kemudahan berusaha dan penguatan promosi penanaman modal yang efektif dan efisien melalui pendekatan teknologi digital serta dukungan pemangku kepentingan.

“Penyediaan infrastruktur dan konektivitas dalam Pengembangan Kawasan Peruntukan Investasi juga menjadi focus utama pada diskusi tersebut,” katanya.

Ia menyebutkan Pemerintah Aceh memiliki empat kawasan investasi yakni Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (KPBPB), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Arun Lhokseumawe, Kawasan Industri Aceh (KIA) dan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kutaraja di Lampulo.

Ia mengajak semua pemangku kepentingan di Aceh untuk bersama-sama mendukung upaya pengembangan empat Kawasan Peruntukan Investasi ini, sehingga menciptakan realisasi investasi dan berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan dan mengatasi persoalan pengangguran di daerah.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Iklim Penanaman Modal (P2IPM) DPMPTSP Aceh, Rahmadhani menambahkan, RENSTRA Investasi Aceh Tahun 2023-2026 yang sedang disusun oleh Tim P2IPM – DPMPTSP Aceh akan menjadi sebuah dokumen acuan bersama dalam mendukung kemajuan investasi di provinsi itu di masa mendatang.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022