Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan, sebanyak 22.467 warga di kabupaten kepulauan tersebut sudah divaksin dosis ketiga atau penguat.

"Capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga sebanyak 22.467 orang atau 31,41 persen dari sasaran 71.537 orang," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Jumat.

Sedangkan capaian dosis pertama, kata Farhan, melebihi sasaran yang ditetapkan. Sasaran vaksinasi vaksin COVID-19 sebanyak 71.537 orang dengan capaian mencapai 100,8 persen.

Begitu juga capaian vaksin COVID-19 dosis kedua, kata Farhan, juga melebih target secara nasional sebesar 70 persen. Capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis kedua sebanyak 61.505 orang atau 85,98 persen.

"Hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi pada masyarakat terus dilakukan. Kepada masyarakat yang belum menerima vaksin dosis ketiga agar segera mendatangi fasilitas kesehatan maupun gerai-gerai vaksinasi yang ada untuk menerima vaksin dosis penguat," kata Farhan.

Farhan juga mengimbau masyarakat di kabupaten kepulauan tersebut untuk tetap mewaspadai penularan dan penyebaran COVID-19, kendati sekarang ini sudah ada kelonggaran dari pemerintah.

"Tetap waspada dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Termasuk menjaga pola hidup sehat agar daya tahan tubuh meningkat terhadap COVID-19," kata Farhan.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 80 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022