Pemerintah Kota Sabang menyambut kedatangan para jamaah haji asal kota setempat dengan upacara adat peusijuk di Masjid Agung Babussalam, pada Rabu.

Wakil Wali Kota Sabang Suradji Junus menyampaikan rasa syukur lantaran tahun ini warga Sabang bisa menunaikan ibadah haji hingga kembali pulang dengan selamat dan sehat, meski dengan jumlah atau kuota yang terbatas.

“Alhamdulillah tahun ini ada 19 jamaah haji Kota Sabang yang berangkat dan telah kembali pulang dengan selamat dan dalam kondisi yang sehat. Meski hanya diberikan 19 kuota dari .1056 calon haji yang sudah mendaftar, ini sudah lumayan baik di kala kondisi pasca pandemi COVID-19," katanya.

Pemerintah berharap tahun depan akan ada perubahan kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi, sehingga jamaah haji Kota Sabang yang berangkat bisa lebih banyak dan tidak dibatasi usia hanya untuk di bawah 65 tahun.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sabang Muklis menjelaskan 2022 merupakan tahun awal dari jamaah haji Indonesia bisa berangkat ke Tanah Suci pasca pandemi COVID-19.

Menurut dia, keberhasilan pemberangkatan hingga kembalinya jamaah haji juga tidak lepas dari peran dan kerjasama dengan Pemerintah Kota Sabang yang sangat luar biasa, mulai dari sejak pembinaan manasik haji, penyediaan fasilitas, serta dukungan moril dan materil lainnya termasuk penganggaran.

"Mari kita berdoa bersama, untuk tahun 2023 akan kembali normal," katanya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari/Khalis

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022