Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Almuniza Kamal memperkirakan perputaran uang selama kegiatan Aceh Culinary Festival (ACF) tersebut berlangsung mencapai Rp6 miliar.

“Alhamdulillah kegiatan ini sangat membantu perputaran ekonomi ekonomi, khususnya para pedagang dan pelaku UMKM yang memenuhi arena acara,” kata Almuniza Kamal di sela-sela menutup Aceh Culinary Festival di Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu.

Ia menjelaskan kegiatan yang menghadirkan lebih dari 100 kuliner khas berbagai provinsi nusantara dan sebanyak 700 menu kuliner mendapat sambutan antusias oleh masyarakat.

Menurut dia, kegiatan yang digelar sejak 5-7 Agustus 2022 disambut antusias oleh masyarakat yang datang memadati Taman Sulthanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh.

Kegiatan tersebut berhasil masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Almuniza juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya Aceh Culinary Festival 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Aceh melalui Disbudpar menyerahkan penghargaan paviliun kuliner terbaik kepada peserta kabupaten/kota yang andil bagian dalam kegiatan ACF tersebut.

Juara pertama disematkan kepada Kabupaten Aceh Besar. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto yang diserahkan Kepala Disbudpar Aceh, Almuniza Kamal.

“Alhamdulillah Aceh Besar memperoleh juara 1 paviliun kuliner terbaik Aceh Culinary Festival 2022. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja menyukseskan event ini," kata Iswanto

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022