Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Utara menjabat 2012–2017, Syahbuddin Usman, meninggal dunia.

Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi di Aceh Utara, Kamis, mengatakan almarhum meninggal dunia di RSU Sakinah Lhokseumawe, Rabu (10/8) pukul 23.45 WIB .

"Kami menyatakan turut berbelasungkawa yag mendalam atas kepergian mantan pejabat terbaik di Bumi Malikussaleh itu," kata Azwardi.. 

ia mengatakan Pemkab Aceh Utara kehilangan atas kepergian H Syahbuddin Usman, Beliau hingga akhir hayatnya masih sering dimintai pendapatnya dan masukan-masukan tentang kebijakan-kebijakan pembangunan di daerah.

Jenazah almarhum sudah dikebumikan di kediamannya di Kompleks Perumahan Pemda Gampong Teumpok Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.

Dalam menjalani hari-hari pensiun, beliau selalu terlihat segar dan cukup aktif bermedia sosial. Namun, pada Jumat akhir pekan lalu, beliau terpaksa dirawat di rumah sakit karena kesehatannya sedikit drop oleh deraan diabetes.

Almarhum Syahbuddin Usman 10 hari lalu merayakan ulang tahunnya yang ke-67 pada 1 Agustus 2022. Beliau adalah putra asli Samalanga, kelahiran 1 Agustus 1955. Di kampungnya beliau kerap disapa sebagai Apa Din.

Beliau menempuh pendidikan menengah di STM Negeri 1 Banda Aceh, berlanjut ke Jurusan Teknik Sipil Universitas Syiah Kuala, dan Jurusan Technical Irrigation di The University of Suwon International College.

Sebelum menjabat sebagai Sekdakab Aceh Utara, Syahbuddin Usman pernah menjadi Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Kabupaten Bireuen semasa Pj Bupati Drs Hamdani Raden.

Kemudian, menjabat Kepala Dinas Kimpraswil Provinsi Aceh, Penjabat Bupati Aceh Tamiang, hingga kemudian dipercaya menjadi Sekdakab Aceh Utara sampai memasuki masa purna bakti.

Syahbuddin juga pernah diusul untuk menjadi Pj Bupati Aceh Utara pada awal 2012 untuk mengganti Pj Bupati HM Ali Basyah oleh DPRK Aceh Utara yang ditandatangani oleh Pimpinan DPRK Aceh Utara Jamaluddin Jalil, Abdul Muthalib dan Ida Suryana.

Di luar pemerintahan, Syahbuddin Usman juga tercatat sebagai pendiri dan anggota Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh/Panti Asuhan (Yakesma) Banda Aceh, yang selama ini aktif menampung, membina dan melanjutkan pendidikan anak-anak yatim dan anak keluarga kurang mampu.

"Bila beliau datang ke Banda Aceh selalu singgah di Panti Yakesma, beliau sangat akrab dengan seluruh guru, pengasuh, staf dan pengurus di sini," kata Sayuti Muhammad Nur, pengurus Yakesma Banda Aceh.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022