Tim Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Jabal Everest Unigha Sigli mengibarkan bendera merah putih di puncak gunung Keumiki di Kabupaten Pidie. 

Gunung keumiki merupakan gunung tertinggi di Kabupaten Pidie yang terletak di Gampong Pucok dan masuk dalam gugusan pegunungan Peut Sagoe di Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie.

Pengibaran bendera merah putih tersebut bertajuk ekspedisi Keumiki 2022, yakni gunung dengan memiliki ketinggian 2800 meter di atas permukaan laut. 

Ketua tim pendakian, Rusdi di Sigli, Selasa mengatakan kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke 77 RI serta pengalihan status anggota UKM PA Jabal Everest Unigha Sigli. 

Rusdi mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan delapan anggota Mapala dan berlangsung selama 12 hari pendakian dimulai 1 sampai 12 Agustus 2022.

"Tim juga melakukan pendataan dan penelitian flora dan fauna disepanjang jalur pendakian menuju Keumiki, sebagai bagian data guna edukasi kepada masyarakat," katanya. 

Selain itu, ada kegiatan bakti sosial di Gampong Pucok yang merupakan pintu masuk menuju gunung Keumiki. 

Supervisor Tim, Beny mengatakan bahwa pendakian Keumiki termasuk pada pendakian ekstrim, sehingga sebelumnya tim juga sudah dibekali semua ilmu pendakian dan latihan fisik yang kuat sesuai standar operasional prosedur kegiatan alam bebas. 

Pewarta: Mira Ulfa

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022