Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani meninjau program perehaban rumah tidak layak huni (RTLH) yang akan dilaksanakan di 11 kecamatan.

Usai menggelar upacara HUT RI ke-77, Rabu, Wakil Bupati bersama Dandim 0113/Galus Letkol Inf Krismanto, Kapolres AKBP Efrianza dan Kajari Ismail Fahmi bersama-sama, mendatangi salah satu rumah penerima manfaat program RTLH di Desa Cempa, Kecamatan Blangkejeren.

“Saya sangat senang rumah saya akan diperbaiki, karena rumah saya hampir roboh dimakan rayap,” kata Selamah (75), dengan raut wajah terharu dan mata berkaca kaca.

Dengan polosnya, wanita renta ini menyampaikan kegembiraannya, karena rumahnya akan dibangun oleh pemerintah yang bersinergi dengan TNI. 

Di usia senjanya, Selamah hanya seorang diri dan sudah lama menjanda ditinggal suami yang merupakan seorang veteran. Sehari harinya hanya mendapat belas kasih dari tetangga dan dari pensiunan veteran suaminya.

Sementara Wakil Bupati H Said Sani mengapresiasi program Kodim 0113 Gayo Lues yang akan melakukan bedah rumah tidak layak huni bagi warga kurang mampu. 

Dandim 0113 Gayo Lues Letkol Inf Krismanto, SPd menuturkan peninjauan dilakukan untuk melihat langsung kondisi rumah Nenek Selamah yang akan menjalani proses rehab rumah tidak layak huni dalam rangkaian HUT RI ke-77. 

Selain itu juga, untuk memastikaan secara langsung RTLH, apakah sudah tepat sasaran diterima oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Saya akan terus memantau perkembangan pembangunan RTLH ini, sebab ini amanat bagi saya, agar masyarakat yang menerima bantuan dapat menikmatinya dengan kondisi rumah yang kokoh dan baik,” ujar Dandim.

Diakhir peninjauan, Wakil Bupati bersama Dandim, Kapolres dan Kajari, serta Pengulu Desa Cempa, melakukan pemotongan pita sebagai awal dari perehaban rumah Selamah, yang diperkirakan dalam beberapa hari ini akan rampung.

Pewarta: Jasvira Tausita

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022