Meulaboh (ANTARA Aceh) - Rombongan dosen dan mahasiswa dari University Malaysia Pahang mengunjugi kampus Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh untuk menjalin kerjasama dalam pendidikan dan penelitian.

Rektor UTU Prof Jasman J Ma'ruf dalam sambutannya di Meulaboh, Selasa, mengatakan melalui jalinan kerjasama ini dimanfaatkan agar dosen UTU bisa bersekolah strata tiga (S3) atau sandangan gelar Doktor (Dr) dari perguruan tinggi Negara Jiran itu.

"Kerjasama yang dibangun ini kami harapkan dapat memberi kesempatan para dosen UTU bisa bersekolah S3 di University Malaysia Pahang agar mutu pendidikan di UTU menjadi semakin baik dengan kehadiran dosen bergelar doktor," katanya.

Kerjasama antar kedua perguruan tinggi ini ditandai dengan serangkaian acara serimoni pada acara pertemuan dosen bersama 20 orang mahasiswa dari University Malaysia Pahang dengan pihak rektorat UTU pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di Meulaboh, Aceh Barat.

Rektor Prof Jasman dalam sambutannya menjelaskan, kunjungan seperti demikian perlu untuk sering dilakukan karena bagi Aceh, Pahang adalah negeri yang paling dekat dari segi emosional.

Sebut dia, sejarah masih terukir bahwa ada Sultan di Aceh yang merupakan pangeran dari raja Pahang yakni Sultan Iskandar Sani, beliau adalah pemimpin kerajaan Aceh setelah pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

"Jadi kedatangan rombongan dari Pahang ini sebenarnya menyambung kembali hubungan yang mungkin telah lama putus. Dulu yang menjadi Sultan kerjaan Aceh adalah pengeran dari raja Pahang namannya Sultan Iskandar Sani," jelasnya.

Sementara itu ketua rombongan dari University Malaysia Pahang Datin Fauziah Daeng Nasir Ibrahim dalam sambutannya mengungkapkan, cukup berbangga dapat diterima dalam kunjungannya ke kampus di provinsi berjuluk Seuramoe Meukah itu.

"Saya cukup bahagia telah mengunjungi Kampus UTU, kunjungan kami ini adalah fokus untuk menjajaki kerjasama bidang pendidikan dan penelitian antara University Malaysia Pahang dengan UTU," sebutnya.

Kedatangan rombongan dosen dan mahasiswa Negara Jiran itu disambut oleh Rektor bersama ibu Rektor UTU Ardawalisa Abdurahman serta seluruh civitas akademika, tamu itu disambut dengan kemeriahan tarian khas daerah serta diakhiri dengan saling bertukar penyerahan cindera mata di aula kampus UTU Desa Alu Penyareng, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat.

Pewarta: Pewarta : Anwar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016