Personel TNI-AD Komando Distrik Militer (Kodim) 0117/Aceh Tamiang membangun rumah seorang veteran perempuan di Desa Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda sebagai wujud kepedulian TNI pada peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun ini.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi di Aceh Tamiang, Jumat, mengatakan rumah yang dibedah milik Temu (90) seorang ibu rumah tangga (IRT) juga tercatat sebagai veteran di Dusun Sejahtera, Desa Seumadam.

"Pekerjaan rehab rumah sudah dimulai pada hari Kamis (18/8) melalui program Karya Bakti TNI rehab rumah tidak layak huni dalam rangka memperingati HUT RI ke 77 tahun," kata Alfian.

Dandim menyebut rehab rumah tidak layak huni dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat. Pekerjaan fisik ini langsung tukangi oleh prajurit TNI Kodim 0117/Aceh Tamiang bersama warga sekitar.

"Saat ini masih dalam proses pengerjaan. Diperkirakan dalam waktu satu bulan rampung," sebutnya.

Alfian Rachmad Purnamasidi menjelaskan kegiatan karya bakti bedah rumah tersebut juga merupakan salah satu bentuk Pembinaan Teritorial (Binter) dalam rangka pemberdayaan wilayah guna memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat.

"Ini merupakan salah satu implementasi dari tujuh perintah harian Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, TNI-AD harus hadir ditengah kesulitan masyarakat, dan senantiasa menjadi solusi," jelas Alfian Rachmad.

Sebelumnya kondisi rumah Nek Temu di Dusun Sejahtera berlantai tanah dan terbuat dari papan usang alias tak layak huni. Pada momen HUT RI 17 Agustus 2022 rumah milik veteran sepuh tersebut akan dibedah menjadi hunian sehat semi permanen.

 

Pewarta: Dede Harison

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022