Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Aceh, mewisuda 1.267 mahasiswa program magister dan sarjana dari enam fakultas dengan 123 di antaranya lulus dengan predikat dengan pujian atau cum laude.

Prosesi wisuda berlangsung di Kampus Uteunkot Universitas Malikussaleh di Lhokseumawe, Sabtu.

Rektor Universitas Malikussaleh Prof Herman Fithra mengatakan tahun ini universitas tersebut sudah menggelar dua gelombang wisuda, setelah sebelumnya juga digelar pada Maret 2022 dan direncanakan, gelombang berikutnya akan digelar pada bulan November mendatang. 

"Alhamdulillah pada wisuda kali ini terdapat 123 mahasiswa yang mendapatkan nilai dengan pujian atau cum laude," katanya. 

Prof Herman Fithra mengatakan dari total mahasiswa yang diwisuda, para wisudawan terbanyak berasal dari Fakultas Teknik sejumlah 404 lulusan, kemudian diikuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis 234 lulusan. 

Selanjutnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 225 lulusan, Fakultas Pertanian 131 lulusan, FKIP 92 lulusan, dan Fakultas Kedokteran sebanyak 89 lulusan.

Prof Herman Fithra mengingatkan wisudawan bahwa kesuksesan mahasiswa menjadi sarjana merupakan berkat kerja keras orang tua.

"Oleh sebab itu, tugas utama wisudawan adalah berbakti kepada ayah dan ibu para lulusan. Tanpa doa orang tua, kalian tidak menjadi apa-apa," kata Prof Herman Fithra. 

Wakil Rektor I Bidang Akademik Jullimursyida mengatakan sudah banyak capaian Universitas Malikussaleh dalam dua tahun terakhir di berbagai bidang. 

Saat ini Unimal sudah memiliki enam guru besar, sebuah capaian yang luar biasa karena sudah bertambah 100 persen dalam dua tahun terakhir. 

Saat ini, sebanyak 317 mahasiswa Universitas Malikussaleh berada di berbagai universitas yang ada di Indonesia, termasuk Papua dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Demikian juga banyak mahasiswa sekarang magang di berbagai lembaga. 

"Semoga Unimal bisa dikenal sebagai kampus yang menghasilkan lulusan berkualitas. Satu misi sudah selesai, maka akan memasuki misi selanjutnya untuk bisa bersaing dengan lulusan kampus lain yang umurnya lenbih tua dibandingkan dengan Unimal," kata Jullimursyida.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022