Harga telur ayam ras di tingkat pedagang grosir Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh turun Rp48 ribu dari Rp50 ribu per papan (isi 30 butir) dalam beberapa hari terakhir.

“Turunnya harga telur ayam ras Rp2 ribu per papan dan Rp20 ribu per ikat karena harga tebus dari distributor telur di Medan mengalami penurunan," katanya Icha, pemilik toko grosir sembako di Peunayong, Banda Aceh, Kamis.

Ia menjelaskan harga telur ayam ras per ikatnya isi 10 papan, turun Rp455 ribu dari harga sebelumnya Rp460 ribu di jual ditingkat pedagang grosir.

Ia mengatakan, meskipun harga sudah turun sebesar Rp2 ribu per papan, namun pembeli juga masih mengeluhkan harga telur ayam ras di Banda Aceh yang masih tergolong tinggi.

Hal senada juga disampaikan pemilik toko grosir sembako di Kampung Baru, Ilham. Ia menyebutkan harga telur ayam ras di Banda Aceh yang dipasok dari Medan tersebut memang masih tergolong tinggi, biasanya tidak pernah tembus melebihi Rp450 ribu per ikatnya.

"Selama dua bulan ini, harga telur fluktuatif tinggi, harga per ikat mulai dari Rp455 ribu sampai Rp475 ribu," katanya.

Ia juga mengatakan tingginya harga telur ayam ras menyebabkan terjadinya penurunan daya beli telur di tokonya yakni mencapai 30 persen dari sebelumnya sebanyak 50 ikat menjadi 20-30 ikat.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022