PT Neuhen Aguakultur Timur menjadikan 16 hektare tambak di Matang Neuhen, Kabupaten Aceh Timur, sebagai program percontohan tambak milenial budi daya udang vaname.

Hasballah, pengelola tambak PT Neuhen Aguakultur Timur di sela-sela peresmian perdana tepung tawar dan penebaran benur udang vaname, di Aceh Timur, Kamis, mengatakan percontohan tambak milenial budi daya udang vaname tersebut untuk membangun ekonomi masyarakat.

"Percontohan tambak budi daya udang ini pertama ada di Aceh khususnya di Aceh Timur. Dan Ini baru tahap awal, yang kita coba di enam kolam budidaya siap untuk ditebar benur," kata Hasballah.

Hasballah yang akrab disapa Rocky mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 27 kolam akan rampung tahun 2023.

"Maka dari itu, dengan adanya program ini dapat membuka lapangan kerja sehingga dapat mengembangkan ekonomi masyarakat setempat," kata Hasballah.

Selain meningkatkan ekonomi masyarakat, model percontohan tambak milenial tersebut bisa meningkatkan produksi udang, karena produksi udang saat ini masih berkurang.

"Mudah-mudahan ke depan langkah awal ini bisa untuk selanjutnya. Artinya inilah tambak udang berkelanjutan," kata dia.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Timur Mahyuddin mendukung program yang digagas PT Neuhen Aguakultur Timur karena program tersebut merupakan sektor primadona Indonesia yang masih banyak dibutuhkan luar negeri.

"Saya mendukung karena ini masa depan Aceh, yang pertama, ada penerapan tenaga kerja, sehingga mengurangi angka kemiskinan," kata Mahyuddin.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Aceh Timur melalui Pj UKM Pusksemas Nurussalam Surya Wahyuni mendukung program tersebut karena adanya program di daerah nya bisa menurunkan angka stunting.

"Program ini sangat bermanfaat untuk menurunkan angka stunting, karena udang mengandung protein, sehingga dengan mengonsumsinya bisa membantu perkembangan otak dan tulang anak-anak," kata Surya Wahyuni. 

Kemudian kata dia, juga bagus terutama untuk ibu hamil, karena pertumbuhan dan perkembangan bayi dimulai dari sejak kehamilan.

"Oleh karenanya, besar kaitannya dengan mengkonsumsi udang bagus untuk kesehatan untuk ibu hamil, bayi dan balita. Dan cara mengonsumsinya udang bisa diolah dalam bentuk makanan bergizi," kata Surya Wahyuni.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022