Pj Bupati Bener Meriah Haili Yoga meminta setiap perusahaan eksportir kopi di daerah itu dapat menerbitkan Surat Keterangan Asal (SKA) Kopi.

"Kami berharap terkait SKA Kopi, perusahaan lain juga seperti PT Olam Indonesia yang berkomitmen akan menerbitkan SKA dari Bener Meriah, karena SKA Kopi merupakan Hak Paten yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan," kata Haili Yoga di Redelong, Senin.

Pemkab Bener Meriah saat ini telah resmi memiliki SKA Kopi dari Kementerian Perdagangan RI yang diterbitkan pada tanggal 17 Agustus 2022.

Karena itu dia berharap setiap perusahaan eksportir di daerah itu juga mengikuti jejak untuk mengantongi SKA dari Pemkab setempat.

"SKA tersebut dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bener Meriah. Dengan harapan nantinya akan ada Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat yang diberikan untuk Kabupaten Bener Meriah," katanya.

Selain itu Haili Yoga berpesan agar pembudidayaan kopi arabica Gayo di Kabupaten Bener Meriah tetap menerapkan sistem budidaya organik demi menjaga kualitasnya sebagai kopi terbaik nomor satu dunia.

Kabupaten Bener Meriah merupakan salah satu kabupaten di Dataran Tinggi Gayo penghasil kopi arabica. Arabica asal daerah itu memiliki rasa khas yang luar biasa.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022