Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Aceh memberikan bimbingan teknis penguatan usaha agar lebih mandiri kepada 160 pelaku UMKM di Kabupaten Aceh Besar.

"Bimtek kali ini fokus membahas tentang pentingnya penguatan usaha bagi UMKM di Aceh Besar," kata Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Diskop dan UMK Aceh Aswar, di Banda Aceh, Senin.

Bimtek yang berlangsung selama dua hari diisi oleh para ahli dibidangnya seperti Rizal Wahyudi, Nonong Husna, Muhammad Rizqi dan lainnya.

Aswar mengatakan, Bimtek tersebut fokus membahas tentang bagaimana membuka usaha mandiri, kemudian terkait mendapatkan NIB dan mendaftarkan OSS. 

"Pendidikan seperti ini penting kita lakukan karena UMKM sangat penting peranannya sebagai tongkat pendongkrak ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19 melanda," ujarnya. 

Aswar menjelaskan, peserta juga mendapatkan ilmu tentang pengalaman penting dari para narasumber yang notabenenya merupakan ahli bisnis dan entrepeneur terkait memajukan bisnis secara berkelanjutan.

Aswar berharap UMKM di seluruh Aceh dapat memiliki usaha yang lebih tertata rapi, bersistematis dan inovatif sehingga dapat bersaing dengan produk globalisasi di era modern ini.

"Semoga bimtek ini dapat memompa semangat berbisnis para pelaku UMKM, sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dan membantu menumbuhkan perekonomian baik secara personal maupun masyarakat umum," demikian Aswar.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022