Tapaktuan (ANTARA Aceh) - Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Aceh Selatan, Nuzulian menyatakan Kecamatan Pasie Raja dan Kecamatan Bakongan Timur terindikasi sebagai daerah yang rawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di daerah itu.

"Sinyalemen itu disimpulkan berdasarkan pertimbangan tingginya temuan kasus penyalahgunaan narkoba dan bahkan temuan belasan hektare ladang ganja di wilayah pegunungan daerah itu dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir," katanya di Tapaktuan, Kamis.

Menindaklanjuti temuan kasus tersebut, lanjut dia, pihaknya telah mengambil kebijakan untuk menggelar rapat kerja pemetaan daerah rawan narkoba tahun 2016 di dua kecamatan tersebut.

"Kedua kecamatan ini khusus kita pilih sebagai lokasi tempat acara rapat kerja pemetaan daerah rawan narkoba tahun 2016, dengan harapan semoga masyarakat luas serta pihak terkait lainnya tahu di titik mana saja rawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba, sehingga semua pihak terutama masyarakat bisa berperan lebih aktif untuk mencegahnya, sehingga generasi muda masa depan bisa terselamatkan," katanya.

Dia menyebutkan, kegiatan rapat kerja pemetaan daerah rawan narkoba yang telah selesai digelar di dua titik tersebut berlangsung dalam dua tahap. Untuk tahap pertama berlangsung Senin (13/6) di aula Kantor Camat Pasie Raja yang diikuti 20 orang aparat serta tokoh masyarakat Desa Silolo.

Sedangkan tahap dua juga telah selesai digelar pada Selasa (14/6) di aula Kantor Camat Bakongan Timur yang juga diikuti 20 orang aparat serta tokoh masyarakat Desa Sibadeh, Seulekat, Sawah Tingkem dan Desa Simpang.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Ketua BNNK Aceh Selatan, Nuzulian menghadirkan  narasumber masing-masing Kapolsek Pasie Raja, Iptu Sutardi, Camat Pasie Raja,Said Ali, Kapolsek Bakongan Timur Ipda Mirkam dan Camat Bakongan Timur, H Huzaifah.

Dalam paparannya masing-masing narasumber tersebut pada intinya menyampaikan pandangan terkait daerah mana saja di dua kecamatan tersebut yang rawan narkoba dan bagaimana usaha tindak lanjut masyarakat dalam mengatasinya.

Mereka mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan serta menggencarkan upaya pencegahan sehingga daerahnya terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran barang haram tersebut.

Pewarta: Pewarta : Hendrik

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016