Menyambut 12 Rabi'ul Awal,  Dayah Sufi Muda Kabupaten Nagan Raya, Aceh menggelar Maulid Akbar Nabi Muhammad SAW dengan membakar 1.000 lemang (beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu muda/buluh).

“"Kenapa pilihannya  lemang, karena lemang ini adalah representasi dari syariat, tarekat, hakikat dan makrifat, kesemuanya saling berkaitan, dimana jika salah satu unsur tidak ada, maka lemangnya tidak akan jadi,” kata Ketua Panitia, Saifundi, Ahad.

Menurutnya, buluhnya saja tanpa dibalut dengan daun pisang, diisi beras dan kemudiaan santan, maka tidak akan berarti apa - apa, tidak akan jadi lemangnya. 

Lemang, kata Saifundi, juga punya pesan dan filosofi yang mendalam yaitu kesabaran, kebersamaan dan kekonoakan, tiga nilai yang sangat penting bagi manusia.

Peserta yang mengikuti acara ini adalah seluruh jamaah tarekat Naqsabandiyah Al Khalidiyah murid dari Abuya Sayyidi Syekh Ahmad Sufi Muda yang datang dari 23 kabupaten kota di Aceh, juga dari luar Aceh, seperti Sumatera Utara, Binjai, Siantar, Tapanuli Utara, Lombok Barat, Kota Pariaman, Solo, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan. Jakarta dan Malaysia.

Peserta yang mengikuti Acara Maulid Akbar 1000 lemang ini di bagi dalam 7 kontingen, diantaranya kontingen pertama berasal dari Aceh Timur, Langsa, Aceh Tamiang, Medan, Bogor, Binjai, Siantar, Tapanuli Selatan, Jakarta, Malasyia.

Kontingen kedua berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar  Sabang, Kendari, Kolaka.

Kontingen ketiga berasal dari Aceh Jaya, dan kontingen keempat berasal dari Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulusalam, Aceh Singkil, Aceh Tenggara.

Kontingen kelima berasal dari Nagan Raya, Lombok Barat. Kontingen : 6, Bener Meriah, Aceh Tengah, Aceh Utara, Bireun, Lhok Seumawe, Pidie Jaya, Pidie, Bangka Belitung. Kontingen 7 : Aceh Barat, Kabupaten Simeulue.

Kata Saifundi, peserta membawa sendiri semua keperluan untuk bakar lemangnya, seperti buluh (bambu) dan lain - lain, sehingga lemang yang dibakar berjumlah 1.000 lemang. 

“Semuanya sangat bersemangat, ini lah bentuk kegembiraan kita dalam merayakan kelahiran Rasulullah Nabi Muhammad SAW,” demikian Saifundi.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022