Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, Aceh, mewisuda 751 mahasiswa program magister dan sarjana dengan 115 di antaranya berhasil meraih predikat dengan pujian atau cum laude.

Prosesi wisuda dilaksanakan dua sesi dan berlangsung secara tatap muka di Gedung Serbaguna Kampus IAIN Lhokseumawe, Aceh, Rabu.

Wakil Rektor I IAIN Lhokseumawe Iskandar melaporkan jumlah lulusan yang diwisuda di antaranya Program Pascasarjana berjumlah 106 lulusan,  Fakultas Syariah (Fasya) 109 lulusan.

Serta, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebanyak 298 lulusan, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) 93 orang, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 145 lulusan.

“Lulusan IAIN Lhokseumawe berasal dari berbagai daerah di Aceh yang menempuh pendidikan di kampus ini, juga peserta wisuda berasal dari luar Aceh," kata Iskandar. 

Rektor IAIN Lhokseumawe DRr Danial menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus yang dijuluki kampus peradaban itu. 

“Ini bukanlah akhir dari proses pendidikan. Tapi, ini awal pembuka menuju kesuksesan dan selamat kepada para magister dan sarjana yang telah dengan resmi dikukuhkan sebagai wisudawan pada hari ini," kata Danial.

Rektor mengajak para wisudawan untuk menjadi alumni yang senantiasa terus menjaga dan membina silaturahmi dengan almamater serta terus berkiprah dalam hal mengembangkan bersama-sama mendukung kemajuan IAIN Lhokseumawe.

Danial menjelaskan penyematan nama Malikussaleh di IAIN Lhokseumawe mengingatkan dan menyentakkan kesadaran tentang sebuah kerajaan Islam yang berpengaruh melampaui Asia Tenggara, yaitu Kerajaan Samudera Pasai.

Di hadapan peserta wisuda dan tamu undangan, Rektor menjelaskan tentang IAIN Lhokseumawe yang dibangun di atas tanah seluas 33 hektare dan saat ini tersedia empat fakultas dan satu program pascasarjana.

"Berbagai pembenahan dan pengembangan dari berbagai sektor dilakukan, seperti pencapaian akreditasi perguruan tinggi dengan peringkat baik sekali pada 2021," kata Danial.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022