Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue, Aceh, mencatat sebanyak 6.641 wanita di kabupaten kepulauan tersebut masuk masa menopause.

Pejabat Fungsional Ahli muda Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Nurhadini di Simeulue, Rabu, mengatakan ribuan wanita yang masuk masa menopause tersebut tersebar di sepuluh kecamatan di Kabupaten Simeulue.

Nurhadini mengatakan usia wanita masuk menapouse ini dimulai dari 45 tahun hingga 55 tahun ke atas.

"Pada usia 45-55 wanita sudah masuk masa menopause ditandai dengan berakhirnya masa siklus menstruasi," kata Nurhadini.

Nurhadini menyebutkan pihaknya juga melakukan beberapa program kesehatan untuk wanita menopause di antaranya senam sehat, suntikan kesehatan, serta pemberian makanan kesehatan.

Terkait peringatan hari menopause sedunia yang diperingati setiap 18 Oktober, Nurhadini mengatakan tidak ada perayaan khusus di Kabupaten Simeulue.

"Kalau perayaan khusus hari menopause sedunia ini belum pernah kami lakukan," ujar Nurhadini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Simeulue Yurnalesti mengatakan pihaknya akan mempelajari terkait kondisi wanita menopause ini. 

"Hal iut dilakukan untuk mengupayakan bantuan ataupun kegiatan pada wanita di usia menapouse tersebut," kata Yurnalesti,

Menyangkut hari menopause sedunia, Yurnalesti mengaku belum mengetahui terkait adanya hari menopause sedunia.

"Saya baru tahu juga ada hari menopause sedunia ini. Selama ini belum pernah ada arahan terkait dengan hal ini," kata Yurnalesti.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022