Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara menyatakan Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Ahmad Marzuki membantu satu ton benih padi kepada petani korban banjir di kabupaten itu.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Aceh Utara Erwandi di Aceh Utara, Senin, mengatakan bantuan benih padi tersebut diberikan kepada kelompok tani Keutapang Jaya di Desa Keutapang, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara.

"Rencananya, bantuan tersebut diserahkan langsung Pj Gubernur Aceh saat kunjungan kerja ke Aceh Utara. Namun karena padatnya agenda, maka diwakilkan kepada kami, sehingga baru hari ini dapat disalurkan," kata Erwandi.

Erwandi mengatakan bantuan benih padi tersebut bertujuan untuk meringankan beban petani padi terdampak bencana alam banjir, sehingga tanaman padi mereka mengalami gagal panen. 

Bantuan tersebut juga merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Aceh terhadap petani di Kabupaten Aceh Utara yang terdampak banjir awal Oktober 2022, kara Erwandi. 

"Pj Gubernur berharap bantuan benih padi ini bermanfaat bagi petani. Apalagi banyak petani mengalami kerugian setelah sawah mereka direndam banjir," kata Erwandi.

Erwandi mengatakan banjir yang terjadi akibat hujan lebat dan meluapnya sejumlah sungai di Kabupaten Aceh Utara menyebabkan 6.776,2 hektare areal persawahan terendam banjir. 

Erwandi mengatakan dari seluas 6.776,2 hektare areal persawahan terendam banjir tersebut, 3.611 hektare di antaranya dipastikan gagal panen atau puso karena terendam banjir lebih dari tiga hari.

"Ribuan hektare areal persawahan terendam banjir tersebut tersebar di 18 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Sementara untuk sawah yang dipastikan gagal panen yakni, 2.085 hektare tanaman padi siap panen dan persemaian 1.526 hektare tanaman persemaian," kata Erwandi.

Ketua Kelompok Tani Keutapang Jaya Muslim mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan benih padi kepada petani yang terdampak banjir. Pihaknya berharap bantuan benih padi ini dapat meningkatkan kembali produktivitas hasil panen. 

"Bantuan benih padi ini bermanfaat bagi kami yang sawahnya terendam banjir. Total sawah milik kelompok tani yang terendam banjir mencapai 35 hektare. Benih padi ini akan langsung kami tanam," kata Muslim
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022