Sebanyak 1.005 santri dari 58 Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) andil bagian di Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) 2022 Kota Banda Aceh yang digelar selama empat hari, 27-30 Oktober 2022.

Ketua Panitia FASI 2022, Mardani di Banda Aceh, Kamis mengatakan kegiatan FASI 2022 memperlombakan sebanyak 27 cabang dan juga ada lomba yang dikhusukan untuk ustad ataupun ustazah sebagai ajang evaluasi kurikulum TPA.

"Yang sudah kita ajarkan di TPA diperlombakan dalam kegiatan FASI ini, di samping juga ajang menjalin silaturahmi antarsantri dan guru TPA di Kota Banda Aceh," katanya.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut juga menjadi sarana evaluasi bagi para pengelola TPA sebagai lembaga pendidikan nonformal untuk meningkatkan mutu pembelajaran di TPA secara lebih baik dan profesional.

"Kegiatan lembaga TPA ini kalau dikelola secara profesional dengan banyaknya anak-anak ikut perlombaan dan punya banyak prestasi dan dikelola dengan baik sehingga tidak lagi dipandang sebelah mata dan mendapat perhatian orang tua," katanya.

Dengan evaluasi dan perbaikan yang dilakukan, ia berharap ke depannya TPA dapat menjadi aset yang penting dalam rangka untuk meningkatkan pendidikan anak.

FASI 2022 tingkat Kota Banda Aceh ini juga memiliki misi untuk mencari kader atau perwakilan yang akan dikirimkan untuk mengikuti FASI tingkat provinsi yang rencananya akan digelar pada 8-11 November 2022.

"Kita berharap Banda Aceh bisa mempertahankan gelar juara umumnya nantinya, mudah-mudahan di tahun ini bisa menang sebagai juara umum untuk yang ke-12 kalinya," katanya.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022