Seribuan siswa dan guru jenjang Sekolah Dasar (SD) dalam Kabupaten Aceh jaya mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sekolahnya masing - masing.

“Kegiatan ANKBK ini bertujuan untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dan mengukur kompetensi literasi, numerasi, dan karakter peserta didik, serta kondisi dan iklim masing-masing satuan pendidikan," kata Ketua Pelaksana ANBK Jenjang SMP dan SD Kabupaten Aceh Jaya, Julianto, Jumat.

Ia menjelaskan kegiatan yang berlangsung sejak 24-27 Oktober 2022 itu diikuti siswa kelas 5 SD  sebanyak 1.390 siswa dan guru SD sebanyak 1.003 guru dari 98 Sekolah dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Ia menyebutkan dari 98 Sekolah yang mengikuti ANBK ada 69 Sekolah melaksanakan Online secara mandiri, sedangkan 29 Sekolah lainnya mengikuti dengan cara menumpang pada Sekolah lain yang memiliki fasilitas komputer dan jaringan internet baik.

“Pelaksanaan Asesmen Nasional terkoneksi langsung dengan server pusat Kemendikbudristek secara online, sehingga untuk mengikuti asesmen ini setiap sekolah selain harus memiliki fasilitas komputer yang mencukupi juga harus memiliki jaringan internet yang baik,” katanya.

Julianto menambahkan, Sekolah yang menumpang di karenakan selain belum memiliki jumlah komputer yang memadai juga belum tersedianya jaringan internet yang baik, terutama sekolah yang berada di daerah yang belum terjangkau jaringan internet, sehingga mereka harus memobilisasi siswa dari Sekolahnya ke Sekolah tempat menumpang, bahkan ada guru yang harus membawa siswanya menempuh jarak sampai10 Km dengan fasilitas becak barang ke tempat Sekolah menumpang.

“Kita berharap hasil asesmen tahun ini lebih obyektif dan relevan sehingga dapat kita manfaatkan sebagai dasar perencanaan untuk perbaiki mutu pendidikan di Aceh Jaya ke depan,”katanya.

Pewarta: Arif Hidaya

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022