Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar)  Aceh membangun dermaga wisata di Gampong Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, dalam upaya menunjang atraksi wisata di daerah setempat.

“Pembangunan dermaga ini bertujuan untuk menunjang atraksi wisata di gampong yang tahun lalu meraih juara pertama kategori homestay pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal di Nusa, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau pembangunan dermaga wisata di Desa Wisata Nusa, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, yang dibangun Disbudpar Aceh.

Ia menjelaskan dermaga wisata yang dibangun Disbudpar Aceh itu akan tuntas dikerjakan sesuai dengan kontrak yang telah ditetapkan yakni pada bulan Desember tahun 2022.

Ia berharap, hadirnya fasilitas pendukung wisata tersebut dapat menambah daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke desa wisata berbasis masyarakat tersebut.

“Semoga kehadiran fasilitas wisata ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh Lembaga Pariwisata Nusa (LPN), sehingga wisatawan yang ke sini bisa memilih beragam pilihan atraksi wisata yang ada di Desa Nusa,” katanya.

Inisiator Desa Wisata Nusa, Rubama mengatakan pembangunan dermaga tersebut awalnya sudah masuk dalam roadmap pengembangan wisata di desanya, yang disusun secara partisipatif.

“Alhamdulillah rencana ini disambut baik Pemerintah Aceh melalui Disbudpar. Kami menyampaikan terima kasih banyak atas apresiasi dan dukungan dari Disbudpar Aceh untuk mendukung Gampong Nusa pada pengembangan desa wisata berbasis masyarakat,” kata Rubama.

Pihaknya berharap kehadiran dermaga tersebut akan menjadi tapak untuk paket wisata air (sungai) dan memberi peluang dan nilai lebih pada upaya peningkatan ekonomi warga Nusa.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022