Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Lhokseumawe, Aceh, mengajak seluruh organisasi masyarakat (ormas) di daerah itu ikut serta menyukseskan tahapan Pemilu 2024. 

"Peran ormas menyukseskan Pemilu 2024 sangat penting, sehingga dapat mewujudkan pemilu berkualitas dan berintegritas," kata Kepala Badan Kesbangpol Kota Lhokseumawe Zulkifli di Lhokseumawe, Senin. 

Zulkifli menyebutkan ormas miliki peran penting dalam membangun demokrasi di Indonesia, khususnya di Lhokseumawe. Sebab, ormas mampu mengajak masyarakat berpartisipasi menyalurkan hak suaranya di ajang pesta demokrasi tersebut. 

"Saat ini di Lhokseumawe terdapat sebanyak 58 ormas yang aktif. Kami terus mengajak ormas berpartisipasi secara aktif untuk mengawal serta mengawasi jalannya pemilu," kata Zulkifli.

Tidak hanya Ormas, kata Zulkifli, pihaknya juga mengajak peran seluruh elemen masyarakat untuk ikut bersama-sama menyukseskan pemilu legislatif yang digelar serentak dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Kami juga berharap ormas menginformasikan tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat. Termasuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menggunakan hak pilih pada pemilu," kata Zulkifli.

Selain itu, Zulkifli mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meskipun beda pilihan pada pesta pemilu nanti. Perbedaan pilihan politik tersebut jangan sampai merusak persatuan dan kesatuan.

"Perbedaan politik jangan sampai merusak persatuan dan kesatuan yang telah terbangun di masyarakat Kota Lhokseumawe. Kepada masyarakat, jadilah pemilih cerdas. Pemilih cerdas akan menghasilkan pemilu berkualitas," kata Zulkifli.

Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung pada 14 Februari 2024. Pemilu tersebut digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif di semua tingkatan dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Pada tahun yang sama setelah pemilu legislatif serta pemilihan presiden dan wakil presiden, juga digelar pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak di seluruh Indonesia. Pilkada dijadwalkan digelar 27 November 2024.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022