Bank Syariah Indonesia (BSI) menjalin kerja dengan PT Pelindo terkait implementasi sistem pembayaran jasa kepelabuhanan dan non pelabuhanan dengan sistem syariah.

“Bank Syariah Indonesia siap menjadi bank mitra yang ditunjuk Pelindo untuk transaksi layanan integrasi menyeluruh diantaranya collection dan payment serta seluruh jasa kepelabuhan  dan non kepelabuhan,” kata Wakil Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Bob Tyasika Ananta di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela penandatanganan kerja sama BSI dengan PT Pelindo yang ditandatangani Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia, Hambra di Banda Aceh.

Ia menjelaskan kerja sama sistem pembayaran dengan PT Pelindo dengan Bank Syariah Indonesia tersebut merupakan yang pertama di lakukan di Tanah Air.

Ia mengatakan kerja sama tersebut pada tahap awal akan dimulai di Pelabuhan Regional I (Medan), khususnya Pelabuhan di Aceh (Lhokseumawe, Malahayati) dan selanjutnya akan diimplementasikan ke Pelindo Regional 3 (Surabaya), 4 (Makassar) dan 2 (Jakarta).

“BSI siap mengemban amanah yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia dan pemangku kepentingan untuk menjadi katalis dalam membangkitkan ekonomi syariah di Indonesia serta memiliki daya saing tinggi di kancah global,” katanya.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk juga menyampaikan terima kasih kepada Seluruh Jajaran Management PT Pelindo yang telah mempercayakan BSI sebagai mitra perbankan syariah yang nantinya siap mendukung aktivitas bisnis perusahaan tersebut.

Ia menambahkan BSI dapat melayani Pelindo seluruh Indonesia yang  entry poin pertama adalah provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

“Kami juga siap membantu dan memudahkan para mitra Pelindo dalam bertransaksi keuangan baik itu untuk layanan pembayaran pengapalan maupun transaksi lainnya yang terkait dengan kegiatan di kepelabuhanan,” katanya.

Wakil Direktur Utama PT Pelindo (Persero) Hambra mengatakan kerja sama transaksi keuangan dengan perbankan syariah tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan memberikan pelayanan maksimal terhadap kegiatan pelabuhanan.

“Kita awalnya kerja sama dengan Bank Himbara dan hari ini kita melakukan kerja sama dengan bank syariah. Ini merupakan komitmen kita untuk membuka kesempatan kepada perbankan dan memudahkan para mitra kita dalam bertransaksi terkait kegiatan kepelabuhanan,” katanya.

Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menyambut baik kerja sama yang terjalin BSI dengan PT Pelindo dengan ikut mendukung Qanun Nomor 11 Tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah (LKS).

“Alhamdulillah, pada hari ini PT. Pelindo menunjukkan semangatnya mendukung prinsip keuangan syariah pada ekosistem maritim di Aceh,” kata Achmad Marzuki dalam sambutan tertulis dibacakan Kepala Biro Ekonomi Setda Aceh, Amirullah.

Dalam kegiatan penandatanganan kerja sama BSI dengan Pelindo tersebut turut dihadiri Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani dan pemangku kepentingan lainnya.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022