Komisi Independen Pemilihan (KIP/KIP) Kota Banda Aceh mengoptimalkan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 yang digelar serentak antara pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden. 

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KIP Kota Banda Aceh Muhammad AH di Banda Aceh, Kamis, mengatakan partisipasi pemilih pada dua pemilu di ibu kota Provinsi Aceh tersebut terus meningkat.

"Pada Pemilu 2014, partisipasi pemilih di Kota Banda Aceh di kisaran 60 persen, meningkat pada Pemilu 2019 sebesar 78,6 persen. Karena itu, kami terus mengoptimalkan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024," kata Muhammad AH.

Muhammad AH mengatakan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 merupakan capaian yang tertinggi di Kota Banda Aceh selama pesta demokrasi dilangsungkan sejak 1955.

Capaian tersebut, kata Muhammad AH, capaian partisipasi pemilih tersebut melebihi target secara nasional sebesar 77 persen. Tingginya partisipasi tersebut menunjukkan semakin meningkatnya kualitas pemilu dan legitimasinya semakin baik.

Muhammad AH mengatakan tanpa sosialisasi, KIP Kota Banda Aceh akan sulit meningkatkan partisipasi pemilih. Apalagi sekarang ini tidak sedikit berita bohong atau hoaks yang bisa mempengaruhi partisipasi pemilih.

"Kami terus menerus menyosialisasikan Pemilu 2024 kepada semua kalangan, termasuk generasi muda sekarang atau yang lebih dikenal sebagai pemilih pemula," kata Muhammad AH

Berdasarkan data pemilih berkelanjutan sebanyak 165 ribuan, kata Muhammad AH, sebanyak 27 persen di antaranya merupakan pemilih pemula atau pemilih yang baru pertama mengikuti pemilu.

"Pemilih pemula ini harus diberi pemahaman dan motivasi mengikuti pemilu. Jika tidak, mereka akan apatis dan enggan menggunakan hak pilihnya. Karena itu, sosialisasi pemilu juga menyasar pemilih pemula," kata Muhammad AH.

Muhammad AH mengatakan sosialisasi bertujuan agar pemilih pemula melek demokrasi. Dengan demikian, mereka merasa bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali.

"Pemilu bukan hanya milik generasi tua, tetapi juga generasi muda. Apalagi mereka merupakan pewaris bangsa dan negara ini. Karena itu, kami mengajak partisipasi pemilih pemula menggunakan hak pilihnya pada pemilu," kata Muhammad AH.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif direncanakan serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022