Pj Bupati Nagan Raya, Provinsi Aceh, Fitriany Farhas mengatakan Badan Intelijen Negara (BIN) akan memprioritaskan Kabupaten Nagan Raya, sebagai salah satu daerah untuk memberdayakan pemuda agar lebih aktif berperan membangun perekonomian daerah.

"Pemuda merupakan tongkat estafet maju atau mundurnya suatu daerah. Oleh sebab itu, kita mengajak pemuda Nagan Raya untuk mengembangkan dan mendukung program amanah ini demi membangun daerah," ujar Fitriany Farhas dalam keterangan tertulis diterima di Nagan Raya, Kamis.

Hal tersebut ia sampaikan setelah dirinya melakukan kunjungan dan koordinasi dengan BIN di Jakarta. 

Menurutnya, program pemberdayaan tersebut perlu dilakukan, sebab pemuda memiliki peran penting dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

Nantinya, program ini bertujuan untuk pembangunan ekonomi daerah melalui pemberdayaan pemuda-pemudi, dengan sasaran memberdayakan kalangan pemuda agar lebih aktif berperan membangun perekonomian daerah.

"BIN akan membentuk atau memfasilitasi pemuda-pemuda untuk membentuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," kata Fitriany menambahkan.

Selain itu, BIN juga akan memberdayakan santri di pesantren, kemudian komunitas anak muda, mereka akan mengelola UMKM, misalnya seperti peternakan bebek atau lele.

Selain itu, BIN akan membantu Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mencari anggaran untuk program dimaksud, termasuk memfasilitasi untuk berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kementerian. 

"Tujuannya untuk mengembangkan bakat dan memajukan daerah melalui sumber dana yang dimiliki Kabupaten Nagan Raya," demikian Fitriany.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022