Komisi Independen Pemilihan (KIP/KPU) Kabupaten Aceh Timur merekrut sebanyak 1.539 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau penyelenggara pemilu yang bersifat ad hoc dan bertugas di tingkat desa.

Ketua Divisi Sumber Daya Manusia KIP Aceh Timur Yusri di Aceh Timur, Kamis, mengatakan sebanyak 1.539 anggota PPS tersebut tersebar di 513 desa atau gampong di 24 Kecamatan se Kabupaten Aceh Timur.

"Untuk pendaftaran calon anggota PPS mulai 18 sampai dengan 27 Desember 2022. Jumlah anggota PPS yang direkrut sebanyak 1.539 orang, setiap desa ada tiga orang,"kata Yusri.

Sedangkan untuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang direkrut, kata Yusri, hanya sebanyak 120 orang, mereka tersebar di 24 kecamatan. Masing-masing kecamatan ada lima orang anggota PPK

"Untuk penerimaan pendaftaran calon anggota PPK telah ditutup yang berlangsung sejak 20 sampai dengan 29 November 2022. Mereka mulai mengikuti seleksi pekan depan," kata Yusri.

Terkait keterwakilan perempuan, Yusri mengatakan sebanyak 30 persen. Namun begitu, jika pendaftar tidak mencukupi keterwakilan perempuan sebesar 30 persen, maka tidak menjadi persoalan.


"Kalau pun perempuan tidak ada yang lolos seleksi, kami juga tidak bisa mau buat apa. Jadi, kalau tidak mencukupi keterwakilan 30 persen perempuan, tidak ada apa-apa juga. Namun begitu, kami berharap keterwakilan perempuan 30 persen bisa terpenuhi," kata Yusri.

Yusri mengatakan pendaftaran calon PPS dilakukan melalui akun Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Kemudian, ujian seleksi menggunakan metode computer assisted test (CAT). Sedangkan, wawancara dilakukan secara manual.

"Kami mengajak masyarakat di Kabupaten Aceh Timur mendaftarkan diri menjadi penyelenggara pemilu. Keterlibatan sebagai penyelenggara tentu akan meningkatkan partisipasi publik terhadap pemilu," kata Yusri.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif direncanakan serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022