Polresta Banda Aceh menyiapkan sebanyak 625 personel untuk melakukan pengamanan kunjungan kerja bakal calon presiden Anies Baswedan dan peringatan milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) pada 4 Desember 2022 mendatang.

"Pengamanan dalam bentuk kegiatan rutin yang ditingkatkan dengan mengedepankan upaya persuasif dan humanis," kata Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto, di Banda Aceh, Jumat.

Hal itu disampaikan Kombes Pol Joko Krisdiyanto usai memimpin apel persiapan pengamanan kunker Anies Baswedan dan mencegah guantibmas (gangguan ketertiban masyarakat) menjelang 4 Desember (Milad GAM).

Adapun pengamanan kunjungan Anies Baswedan, khusus dari Polresta Banda Aceh mengerahkan sebanyak 225 personel. Sementara untuk mengantisipasi guantibmas sementara disiapkan 400 personel termasuk penebalan (tambahan).

Kombes Joko menyampaikan, dalam melaksanakan pengamanan dirinya mengimbau kepada personel untuk benar-benar dan tepat waktu, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat. 

"Sebagai pengendali, maka harus bertanggung jawab atas personel nya dan mengarahkan personel yang terlibat pengamanan menempatkan posisi yang telah ditentukan," ujarnya.

Kapolresta Banda Aceh juga menegaskan, kepada personel yang melakukan pengamanan tersebut tidak diperbolehkan membawa senjata api dalam melaksanakan tugasnya. 

"Tidak ada yang membawa senjata api dalam pengaman, saling koordinasi, jika ada kendala laporkan secara berjenjang," demikian Kombes Pol Joko Krisdiyanto.

Seperti diketahui, Nasdem Pusat memfasilitasi Anies Baswedan untuk berkunjung ke Aceh pada 2 dan 3 Desember 2022 dalam rangka menyapa atau bersilaturahmi dengan masyarakat di tanah rencong.

Hari ini, Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Wali Nanggroe Aceh sekaligus bertemu dengan ulama Aceh. Kemudian pada Sabtu (3/12), diisi dengan jalan sehat dan bersilaturahmi dengan masyarakat Aceh di lapangan terbuka.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022