Singkil (ANTARA Aceh) - Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh bekerjasama dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Singkil memperkuat kerukunan umat beragama di daerah itu.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU) antara kedua pihak yang diwakili Ketua FKUB Aceh Singkil Ramlan dan Ketua Program Studi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry Muhammad Sahlan Msi di Singkil, Rabu.

"Kerjasama ini bertujuan manfaatkan kemampuan sumber daya yang dimiliki oleh Program Study Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar Raniry dalam rangka penguatan dan pengembangan forum kerukunan umat beragama Kabupaten Aceh Singkil," katanya.

Artinya, kata Muhammad Sahlan, FKUB Singkil itu tidak sendiri, tapi ada bidang yang memperkuat demi kerukunan umat beragama di Aceh Singkil.

Dinyatakan, pihak pertama dan pihak kedua dengan berdasarkan semangat kemitraan dan kebersamaan untuk mewujudkan kerjasama yang saling menguntungkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, kedua belah pihak telah sepakat untuk menjalin kerjasama dengan surat pernyataan MoU dalam lima pasal yang telah ditandatangani bersama.

Disamping itu, Muhammada Sahlan juga menilai, Aceh Singkil ini jadi sorotan di Provinsi Aceh dan dunia internasional, namun ada fakta lain atas ada pergerakan yang menjadi pemicu skenario kerusuhan.

"Kita akan kaji lagi sehingga terimbangi sesuai fakta yang terjadi," ujarnya.


Pewarta: Khairuman

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016