Pemerintah Aceh melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Aceh mempromosikan 40 produk unggulan UMKM Aceh melalui kegiatan bazar dan expo yang digelar pada 2-4 Desember 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, Azhari, mengatakan bahwa Bazar dan Expo Produk Unggulan UMKM di Aceh akan memamerkan industri kreatif meliputi fesyen, kriya, kraft, kuliner, dan sebagainya yang dipadukan dengan selling untuk para potensial buyer.

"Promosi dan edukasi ini sekaligus memberikan gambaran agar para seller dari UMKM, membuka ruang kerja sama pemasaran produk hingga ke tingkat nasional," katanya.

Selama pelaksanaan kegiatan, kata dia, lokasi tempat berlangsungnya acara bisa menjadi tempat bertemu dan berpromosi para pengusaha ekonomi menengah.

"Para seller maupun buyer bisa menjadikan lokasi acara sebagai ruang terbuka untuk membangun kerja sama bisnis secara luas," katanya.

Dalam kegiatan ini, Pemerintah Aceh juga memberikan kesempatan kepada para pelaku UMKM untuk mengadakan demo produk sebagai cara untuk meningkatkan kepercayaan calon pengguna terhadap produk yang akan mereka gunakan sehingga dapat pula meningkatkan angka penjualan.

"Karena itu, pelaku usaha atau bisnis perlu melakukan yang terbaik dalam demo produk, agar rasa ketertarikan mereka terhadap produk sebelumnya tak hilang begitu saja," katanya.

Ia berharap agar pelaku usaha bisa memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin untuk mengembangkan produk dan usahanya menuju ke arah digital agar dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi.

"Keinginan kami agar metode promosi ini tak sebatas di sini atau hanya pada ajang yang dilaksanakan oleh Pemerintah Aceh saja, namun juga para pelaku UMKM bisa terus mengembangkan usahanya menuju ke arah digitalisasi untuk mengikuti era hospitality 4.0," katanya.

Pewarta: Nurul Hasanah

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022