Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Keluarga sangat diharapkan untuk terus memberikan dukungan kepada mantan pecandu narkoba dalam menjalani kehidupannya sehari-hari, sehingga dapat menjalani kehidupan sosialnya lagi dengan baik.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Saiful Fadhli melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Muhammad Iqbal, Sabtu mengatakan bahwa untuk mendukung mantan pencandu narkoba peran keluarga sangat penting.

Karena, setelah seorang pencadu narkoba sembuh dari ketergantungannya terhadap narkoba, peran dukungan sosial keluarga sangat diperlukan, agar seorang pecandu narkoba tidak kembali lagi menggunakan narkoba, ujar Iqbal.

Oleh karena itu,  lanjut Iqbal, untuk mendukung mantan pecandu narkoba dan hubungannya dengan peran serta keluarganya. Pihak BNNK Lhokseumawe, melaksanakan kegiatan rapat koordinasi tentang Peningkatan Kapasitas Mantan Pecandu¿.

Dimana, kegiatan yang dilaksanakan di Aula Seulanga SMK Negeri 2 Lhokseumawe tersebut, diikuti oleh 20 orang, yang terdiri dari 10 orang mantan pecandu dan 10 orang pendamping dari pihak keluarga, ungkap Iqbal.

Sedangkan tujuan yang diharapkan dari kegiatan tersebut, adalah untuk memberikan pengetahuan dan peran dukungan sosial  dari pihak keluarga kepada mantan pecandu Narkoba pasca direhabilitasi.

Dengan adanya kegiatan rakor ini, dapat membantu meningkatnya pengetahuan, kemampuan dan kemauan tentang pentingnya pemberdayaan anti narkoba bagi mantan pencandu serta meningkatnya peran masyarakat atau keluarga, jelas Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Lhokseumawe.

Bahkan, ungkap Iqbal lagi, kedepan pihaknya  akan memberikan pemberdayaan alternatif melalui pelatihan dasar keterampilan listrik rumah tangga kepada mantan pecandu tersebut sehingga menjadi bekal  untuk mengaplikasikannya dan menjadi salah upaya dalam menjalani kehidupan yang mandiri.

Pewarta: Mukhlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016