Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Simeulue, Aceh, menyatakan sebanyak 22.966 anak di kabupaten kepulauan tersebut menjadi sasaran imunisasi polio.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Kamis, mengatakan imunisasi polio ini akan dilaksanakan secara serentak pada 12 Desember 2022. Sasaran imunisasi ditujukan kepada anak usia nol hingga 12 tahun.

"Sebanyak 22.966 anak usia nol hingga 12 tahun di Kabupaten Simeulue menjadi sasaran imunisasi polio. Mereka tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Simeulue," kata Hanafi Lubis

Hanafi Lubis mengatakan dari sepuluh kecamatan tersebut, sasaran imunisasi terbanyak di Kecamatan Simeulue Timur dengan 6.023 anak dan Kecamatan Salang sebanyak 1.921 anak.

"Imunisasi polio tersebut dilakukan secara serentak di 170 puskesmas dan Posyandu di Kabupaten Simeulue. Kami mengajak orang tua membawa anaknya ikut imunisasi polio," kata Hanafi Lubis, Kamis.

Menurut Hanafi Lubis, pihaknya akan berupaya memenuhi target yang ditentukan pemerintah provinsi sebesar 95 persen dari total sasaran imunisasi.

Hanafi Lubis mengatakan pemberian imunisasi polio ini dilakukan dengan cara di tetes. Jadi, orang tua tidak perlu khawatir mengikutsertakan anaknya dalam program imunisasi polio.

"Kami berharap target tersebut terpenuhi. Imunisasi tersebut merupakan upaya pemerintah mencegah penularan polio di Kabupaten Simeulue," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.
 

Pewarta: Ade Irwansah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2022