Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara mengingatkan anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) bekerja profesional dan menjaga netralitas dalam menyelenggarakan Pemilu 2024.

"Saya meminta anggota PPK di Kabupaten Aceh Utara bekerja profesional dan tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024," kata Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Utara Dayan Albar di Aceh Utara, Rabu.

Pernyataan tersebut disampaikan Dayan Albar pada pelantikan 135 anggota PPK se Kabupaten Aceh Utara di Aula Kantor Bupati Aceh Utara di kawasan Landing, Lhoksukon.

Dayan mengatakan anggota PPK yang dilantik adalah mereka yang terpilih. Oleh karena itu, mereka harus mampu menyelenggarakan pemilu dengan menjunjung tinggi independensi.

"Sebagai penyelenggara pemilu, anggota PPK tidak boleh tidak bersikap diskriminatif kepada peserta pemilu, baik partai politik, calon anggota legislatif, maupun calon presiden dan calon wakil presiden," katanya.

Dayan Albar mengatakan anggota PPK juga harus mampu bersikap proaktif dalam menjalankan tahap-tahap pemilu, mulai pemutakhiran data pemilih hingga hari pemungutan suara. 

Yang paling krusial adalah tahap penghitungan suara, hal mana akan menentukan tingkat keberhasilan pelaksanaan pemilu nantinya, kata Dayan Albar.
 
"Saya juga mengingatkan bahwa tugas yang dibebankan kepada saudara-saudara adalah amanah dan kepercayaan yang harus diemban sebagai pengabdian," kata Dayan Albar.

Dayan Albar mengatakan pemerintah daerah memberi dukungan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Utara dalam melaksanakan semua tahapan Pemilu 2024.

"Untuk itu, saya mengajak semua pihak bersinergi dan bekerja sama untuk menyukseskan Pemilu 2024. Pemilu merupakan pesta demokrasi memilih rakyat di Kabupaten Aceh Utara," kata Dayan Albar.

Ketua KIP Aceh Utara Zulfikar mengatakan anggota PPK merupakan jajaran penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan yang kedudukannya sangat penting.

"Oleh karena itu, kami meminta jajaran pemerintah daerah memberikan dukungan serta memfasilitasi sarana dan prasarana kepada para anggota PPK dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu," kata Zulfikar.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023