Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara mencatat sebanyak 118.565 anak atau 100,2 persen dari sasaran 118.380 anak di daerah itu sudah menjalani imunisasi polio. 

"Alhamdulillah, capaian imunisasi polio sudah 100,2 persen atau 118.565 dari target 118.380 anak yang diimunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara," kata Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Aceh Utara Ferianto di Aceh Utara, Kamis.

Menurut Ferianto, capaian tersebut didapat selama pelaksanaan program pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) Polio. Capaian tersebut berkat dukungan masyarakat yang membawa anaknya ikut imunisasi polio 

Ferianto merincikan dari 118.565 anak yang sudah diimunisasi tersebut, sebanyak 44.655 anak di antaranya berusia nol sampai 59 bulan. Kemudian, usia lima sampai tujuh tahun sebanyak 13.749 anak, serta 60.161 anak berusia tujuh hingga 12 tahun.

"Imunisasi polio dilakukan di 32 puskesmas yang tersebar di 27 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara. Kendati capaian lebih 100 persen, tetapi masih ada 185 anak yang belum diimunisasi polio," kata Ferianto menyebutkan.

Sementara, kata Ferianto, berdasarkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Puskesmas, ada 143.282 anak di Kabupaten Aceh Utara yang menjadi sasaran imunisasi. 

"Kami akan terus menyisir anak-anak di Kabupaten Aceh Utara untuk memastikan mereka mendapatkan imunisasi polio. Imunisasi ini untuk mencegah mereka terserang penyakit polio yang bisa menyebabkan kelumpuhan," kata Ferianto.

Ferianto juga mengimbau para orang tua yang anak belum menerima imunisasi polio agar membawanya ke puskesmas. Orang tua juga tidak perlu khawatir karena imunisasi polio dilakukan dengan cara tetes di mulut.

"Tercapainya target imunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara tidak terlepas dari peran para pemangku kepentingan serta orang tua yang mendukung dan menyukseskan program pekan imunisasi polio di Kabupaten Aceh Utara," kata Ferianto.
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023