Puluhan calon siswa prajurit bintara dan tamtama TNI AL asal Kabupaten Simeulue, Aceh, dikirim ke Belawan, Sumatra Utara (Sumut) untuk mengikuti seleksi tahap lanjutan.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Simeulue Letkol Laut (P) Hendra Dwinanto di Simeulue, Kamis, mengatakan animo putra putri Pulau  Simeulue bergabung menjadi prajurit TNI AL setiap tahunnya terus meningkat.
 
"Minat putra putri Simeulue untuk masuk TNI AL saat ini terus meningkat. Tahun ini, sebanyak 68 calon prajurit TNI AL dikirim ke Sumut, mengikuti seleksi lanjutan," kata Hendra Dwinanto.

Baca juga: TNI AL remajakan 41 kapal perang
 
Menurut perwira menengah TNI AL tersebut, dari 68 calon siswa prajurit tersebut, sebanyak 45 orang di antaranya calon bintara pria, lima calon bintara wanita serta 18 orang calon tamtama pria.

"Kami berharap mereka yang mengikuti seleksi tersebut banyak lulus menjadi prajurit TNI AL. Apalagi mereka putra putri dari kepulauan terluar di Provinsi Aceh," kata Hendra Dwinanto.

Danlanal Simeulue berpesan agar peserta dari Kabupaten Simeulue mengikuti seleksi dengan baik dan selalu berdoa serta memohon restu orang tua masing-masing.
 
"Mereka akan mengikuti seleksi tahap lanjutan di Belawan, Sumut. Seleksi menjadi prajurit TNI AL dilakukan secara gratis. Kami meminta masyarakat segera melaporkan jika mengetahui ada oknum meminta uang saat seleksi," kata Hendra Dwinanto.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Baca juga: TNI AL musnahkan 45 kilogram sabu-sabu

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2023