Banda Aceh (ANTARA Aceh) - Kelompok tani di sembilan kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh menerima bantuan hand traktor dari Pemerintah Pusat yang dialokasikan melalui APBN 2016.

Puluhan unit hand traktor untuk kepada kelompok tani itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Aceh Jaya Tgk Maulidi di Kantor Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Jaya di Calang, Kamis.

"Kita beharap dengan adanya bantuan alat pembajak sawah ini petani di kabupaten Aceh Jaya akan mampu meningkatkan produksi padi di masa mendatang," katanya.

Ia menjelaskan dengan meningkatkan jumlah hasil pertanian terutama padi akan mampu mendongkrak dan menyejahterakan ekonomi masyarakat di kabupaten itu di masa mendatang.

Ada pun kecamatan yang mendapat bantuan hand traktor tersebut masing-masing Kecamatan Jaya 5 unit, Indra Jaya 6 unit, Sampoiniet 5 unit, Darul Hikmah 4 unit, Setia Bakti 5 unit, Krueng Sabee 4 unit, Panga 4 unit, Teunom 5 unit dan Pasie Raya 3 unit.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Aceh Jaya M Jamin mengatakan bantuan yang serahkan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat yang diusulkan melalui dinas kabupaten setempat.

"Kami berharap seluruh kelompok penerima manfaat dapat memanfaatkan dan mengelola dengan baik bantuan ini untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian yang ada di setiap kawasan," katanya.

Pihaknhya juga akan mengambil tindakan tegas jika ada kelompok penerima manfaat yang menyalah gunakan bantuan hand traktor yang diberikan oleh Pemerintah Pusat tersebut.

Dalam penyerahan alat pembajak sawah kepada kelompok tani tersebut turut disaksikan Ketua DPRK Musliadi Z dan  Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Jaya T Irfan TB.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2016